Konsep Produksi (Pengertian Produk, Atribut Produk, Tingkatan Produk)
Apa itu produk?
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh produsen baik barang fisik maupun jasa dengan tujuan memenuhi suatu keinginan atau kebutuhan pasar.
Atribut Produk
Agar produk yang kita buat berhasil, produk yang kita buat perlu memiliki atribut – atribut yang sesuai dengan harapan konsumen. Atribut produk adalah unsur – unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen sebagai dasar pengambilan keputusan pembelian. Secara umum, atribut produk meliputi:
1. Desain produk
Desain produk merupakan atribut yang sangat penting dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli. Desain yang baik adalah desain yang berbeda dari merek lain dan memberi kesan menyenangkan bagi pembeli.
2. Warna produk
Manusia merupakan makhluk visual, sehingga warna pada desain grafis berpengaruh besar terhadap penglihatan pembeli. Warna – warna yang memiliki efek psikologis diantaranya yaitu merah dan kuning karena dinilai paling mudah menarik perhatian mata. Selain itu, juga bisa menggunakan warna biru dan hijau karena sifatnya yang menenangkan di mata dan memberikan kesan menyegarkan.
3. Merek
Merek digunakan sebagai identitas, media promosi, membuat citra produk, dan pengendali pasar. Oleh karena itu, merek tidak boleh dibuat sembarangan.
4. Harga produk
Selisih harga dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian, umumnya pembeli memilih harga yang lebih murah untuk produk yang dianggap memiliki kualitas yang sama.
5. Kualitas produk
Kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian suatu produk. Kualitas suatu produk berkaitan erat dengan manfaat yang dimiliki produk tersebut.
Tingkatan produk
Menurut Kotler dan Keller, ada lima tingkatan produk, yaitu
Tingkat pertama, core benefit atau manfaat inti yaitu produk yang benar – benar dibeli berdasar manfaat produk. Pemasar harus melihat mereka sebagai penyedia manfaat.
Tingkat kedua, basic product atau produk dasar merupakan produk yang dibeli oleh konsumen dengan suatu harapan tertentu.
Tingkat ketiga, expected product atau produk yang diharapkan yaitu produk dengan sekelompok atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan konsumen.
Tingkat keempat, augmented product atau produk tambahan yaitu produk yang melebih harapan pelanggan.
Tingkat kelima, potential product atau produk potensial adalah produk yang mencakup semua kemungkinan tambahan dan transformasi yang mungkin dialami di masa yang akan datang.
Komentar
Posting Komentar