Konsep Produksi (Pengertian Produk, Atribut Produk, Tingkatan Produk)

 

Apa itu produk?

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh produsen baik barang fisik maupun jasa dengan tujuan memenuhi suatu keinginan atau kebutuhan pasar.

Atribut Produk

Agar produk yang kita buat berhasil, produk yang kita buat perlu memiliki atribut – atribut yang sesuai dengan harapan konsumen. Atribut produk adalah unsur – unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen sebagai dasar pengambilan keputusan pembelian. Secara umum, atribut produk meliputi:

1.    Desain produk

Desain produk merupakan atribut yang sangat penting dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli. Desain yang baik adalah desain yang berbeda dari merek lain dan memberi kesan menyenangkan bagi pembeli.

2.    Warna produk

Manusia merupakan makhluk visual, sehingga warna pada desain grafis berpengaruh besar terhadap penglihatan pembeli. Warna – warna yang memiliki efek psikologis diantaranya yaitu merah dan kuning karena dinilai paling mudah menarik perhatian mata. Selain itu, juga bisa menggunakan warna biru dan hijau karena sifatnya yang menenangkan di mata dan memberikan kesan menyegarkan.

3.    Merek

Merek digunakan sebagai identitas, media promosi, membuat citra produk, dan pengendali pasar. Oleh karena itu, merek tidak boleh dibuat sembarangan.

4.    Harga produk

Selisih harga dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian, umumnya pembeli memilih harga yang lebih murah untuk produk yang dianggap memiliki kualitas yang sama.

5.    Kualitas produk

Kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian suatu produk. Kualitas suatu produk berkaitan erat dengan manfaat yang dimiliki produk tersebut.

Tingkatan produk

Menurut Kotler dan Keller, ada lima tingkatan produk, yaitu

Tingkat pertama, core benefit atau manfaat inti yaitu produk yang benar – benar dibeli berdasar manfaat produk. Pemasar harus melihat mereka sebagai penyedia manfaat.

Tingkat kedua, basic product atau produk dasar merupakan produk yang dibeli oleh konsumen dengan suatu harapan tertentu.

Tingkat ketiga, expected product atau produk yang diharapkan yaitu produk dengan sekelompok atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan konsumen.

Tingkat keempat, augmented product atau produk tambahan yaitu produk yang melebih harapan pelanggan.

Tingkat kelima, potential product atau produk potensial adalah produk yang mencakup semua kemungkinan tambahan dan transformasi yang mungkin dialami di masa yang akan datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pilih Cultusia atau Garnier Hair Color? Bagus yang Mana? | Review Cat Rambut

REVIEW PRODUK BLEACHING DAN HAIR COLOUR | PILIH GARNIER, MIRANDA, ATAU CULTUSIA? | 6 BULAN NYEMIR GONTA - GANTI WARNA RAMBUT PART 1

Chae Soo-Bin dan Yoo Yeon-Seok Borong Trophy di MBC Award 2024!